Daftar Laman

Tuesday, January 3, 2017

Macam-macam aliran arsitektur yang berhubungan dengan ruang arsitektur, tokoh arsitek beserta contoh bangunannya

1. Arsitektur Metabolisme, adalah suatu desain dalam arsitektur yang menunjukan vitalitas manusia. Dengan ciri-ciri Utopis, Kultur dan Teknologi berciri khas Jepang. dan konsep nya berlatar belakang hitam dan selanjutnya dikembangkan di masa depan.
Arsitek yang mengemukakan aliran ini ialah, Kenzo Tange dengan karya Arsitektur nya ialah, Shizouka Building.

 












2. Aliran Art Nouveau, pada abad ke-20 merupakan masa yang subur berbagai macam seni rupa modern untuk berkembang, hal ini dipengaruhi teknologi dan budaya baru yang masuk. Ciri-ciri bangunannya ialah; kebanyakan dibangun dengan material kaca, bangunannya masih menggunakan ornamen.
Arsitek yang mengemukakan aliran ini ialah, Arsitek asal Belgia, Baron victor horta, contoh karyanya ialah, Hotel Tassel, Brussel, Belgia.















3. Aliran International Style, adalah suatu gaya arsitektur yang trend pada tahun 1920-1930, istilah International Style pada umumnya mengacu pada Arsitek dan bangunan dari dekade pandangan perkembangan gaya modern sebelum perang dunia ke-2. Ciri-ciri bangunannya dapat diketahui dari penyerderhanaan bentuk (radikal), penolakan terhadap ornamen dan transparansi ornamen.
Arsitek yang mengemukakan aliran ini ialah, Le Corbusier dengan karyanya ialah, Ronchamp Caphel.

 










4. Aliran Arts and Craft Movement, adalah suatu gerakan pada akhir masa revolusi industri yang mementingkan komitmen dalam bekerja dan keindahan. Ciri-ciri bangunannya; gayanya sering kali bersudut dan rectiliner, dekorasi yang diperindah, dan mengingatkan pada desain abad pertengahan dan Islam.
Contoh bangunannya ialah, Honan Chapel yang terletak di cork, Republik Irlandia.

 












5. Chicago School, merupakan gaya arsitektur yang menonjolkan teknologi struktur frame yang menampilkan baja dalam desainnya, umumnya gedung pencakar langit dan perkantoran. Ciri-ciri utama aliran ini ialah, struktur rangka baja, sedikit penggunaan ornamen dan finshing dinding batako, Terra Cotta, dan frame-frame kusen logam. 
Arsitek yang mengemukakan aliran ini ialah, Louis Sullivan dengan karyanya Arsitekturnya ialah, Carsons, Pierre & CO Building Chocago.

 













6. Organic Architecture, adalah suatu konsep Arsitektur dimana ruang dan bentuk dipadukan, Cirr utama aliran ini ialah, Terinspirasi bentuk alam, adanya unsur pengulangan, elastis, lentur, dan mengikuti aliran.
Arsitek yang terkenal mengemukakan aliran ini ialah, Frank Llyod Wright dengan karyanya; Museum Guggenhiem.

 











7. Bauhouse, aliran ini mencoba menggabungkan akan masalah arsitektural, seniman dan pertukangan. Tujuan Bouhouse ialah menciptakan suatu kehidupan yang baru dan style yang baru pula. Ciri-ciri bangunannya ialah; seni bersifat baru dan fungsional.
Arsitek yang terkenal mengemukakan ini ialah; Mies Van De Rohe : Perpustakaan Martin Luther King jr.

 











8. De Stijl, berasal dari sebuah majalh seni yang didirikan Theo van Doesburg, seorang pelukis yang terkadang juga berprofesi sebagai Arsitek, Ciri-ciri : Elemen dekoratif bukan bagian dari gerakan yang menekankan kebutuhan praktis.
Arsitek terkenal yang mengemukakan aliran ini ialah, Theo Vandoesberg, dengan karyanya The Vonk' House.

 
















9. Arsitektur Post Modern, postmodern itu berarti "sehabis modern" (modern sudah usai); "setelah modern"  (modern masih berlanjut tapi tidak lagi populer dan dominan); atau yang mengartikan sebagai "kelanjutan modern" (modern masih berlangsung terus, tetapi dengan melakukan penyesuaian/adaptasi dengan perkembangan dan pembaruan yang terjadi di masa kini. 
Arsitek yang terkenal mengemukakan ini ialah, Frank Owen Gehry; Wiseman Center.

 












10. Aliran Brutalisme, adalah gaya Arsitektur yang melahirkan pembaharu gerakan arsitek dan berkembangnya dunia kearsitekturan, ciri utama bangunannya ialah, bentuknya geometris dan berulang bentuknya unik dan menggunakan material berbahan keras.
Arsitek yang terkenal, Le Cobusier dengan karyanya Unit D'Habitation. 
 























 

No comments:

Post a Comment