1. Azas Pengulangan
- Karena adanya suatu pengulangan maka akan terjadi suatu yang dominan (kesatuan/harmoni)
- Interval (jarak) bisa sebagai ruang
- Semua unsur rupa/wujud bisa memungkinkan pengulangan.
- Pengulangan akan menimbulkan hal yang bersifat monoton.
2. Azas Kemiripan
- Aszas kemiripan lebih dominan dan menjadi satu kesatuan
- yaitu unsur yang satu dengan unsur yang lain hampir sama sehingga menimbulkan sesuatu yang selaras
- Intervalnya sedang
- Semua unsur rupa memunginkan mirip
- Unsur kemiripan lebih disukai dalam perencanaan
- Permainan desain dengan menggunakan bentukan yang sama dan perubahan dimensi
Contoh :
3. Azas Kekontrasan
- Interval (jaraknya) besar
- Fungsi : merangsang minat, menghidupkan desain dan membubuhi komposisi
- Kontras yang tampilannya dominan dalam bentuk kesatuan
- Semua unsur rupa memungkinkan kontras
- Kontras dapat menimbulkan kesan sumbang jika tidak sesuai
- Sama dengan titik berat pada prinsip desain
No comments:
Post a Comment